Perbandingan Ekonomi di Antara Negara KTT APEC II (Selesai)

Nasional / 7 September 2012

Kalangan Sendiri

Perbandingan Ekonomi di Antara Negara KTT APEC II (Selesai)

Lois Official Writer
6017

KTT APEC tahun ini berlangsung di Pulau Russky, Rusia Timur Jauh Vladisvostok dimana Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sudah datang beberapa hari yang lalu. Adapun KTT APEC kali ini telah berlangsung pada Rabu-Kamis (5-6/9) untuk tingkat menteri dan Sabtu Minggu (8-9/9) untuk pertemuan puncak. Setelah melihat sebagian pertumbuhan negara-negara APEC, kali ini kita lihat sebagian lainnya, termasuk Indonesia.

Korea Selatan : Ekonomi Korsel tumbuh lebih pelan pada kuartal kedua ini dibandingkan harapan bank sentralnya. Hal ini memungkinkan penurunan tingkat suku bunga begitu juga kepercayaan konsumen. Meski begitu, produksi domestik bruto tumbuh 0.3% dari kuartal sebelumnya, seperti disampaikan Bank of Korea di Seoul Kamis (6/9) dan dirilis oleh financeroll.co.id

Malaysia : Analis Citi Group meyakini pertumbuhan produk domestik bruto Malaysia tahun ini naik sebesar 5%, adapun pertumbuhan tahun depan diperkirakan mencapai 5.3%.

Meksiko : Ekonominya tumbuh 4.6% dalam tiga bulan pertama 2012, yang tercepat dalam enam kuartal.

Papua New Guinea : Pertumbuhan ekonomi di Papua New Guinea belum diketahui, namun menurut laman Kementerian Kelautan dan Perikanan, kkp.go.id, Indonesia bersama PNG beserta tiga negara lainnya yaitu Malaysia, Filipina, dan Timor Leste akan membahas kerjasama di bidang kelautan dengan berbasiskan Blue Economy.

Peru : Peru adalah negara Amerika Latin dengan pertumbuhan ekonomi tercepat, seperti dirilis kabar24.

Rusia : Rusia sebagai tuan rumah KTT APEC tahun ini  berharap investasi besar-besaran yang dilakukan untuk mempercantik Vladivostok dan Russky Island akan membuat investasi asing mau masuk ke Rusia.

Selandia Baru : Tingkat pengangguran Selandia Baru secara tak terduga melonjak ke level tertinggi dalam dua tahun terakhir pada kuartal II lalu. Berdasarkan data Badan Statistik Selandia Baru yang dirilis di Wellington, Kamis (9/8), tingkat pengangguran naik ke posisi 6.8% dari 6.7% pada kuartal I. Mata uang dollar Selandia Baru pun keok.

Singapura : Ekonomi pada kuartal kedua menyusut sebesar 0.7 persen. Pemerintah Singapura juga merevisi perkiraan pertumbuhan secara keseluruhan untuk 2012 menjadi 1.5-2.5 persen dari 1.0-3.0 persen, menurut Perdana Menteri Lee Hsien Loong dalam pidatonya Agustus lalu seperti dirilis antaranews.

Thailand : Ekonominya tumbuh lebih lambat dibanding perkiraan sebelumnya karena penurunan proyeksi ekspor di tengah perlambatan ekonomi global. Menurut Arkhom Termpittayapaisith, Sekretaris Jenderal Dewan Nasional Pembangunan Ekonomi dan Sosial Thailand, proyeksi pertumbuhan ekspor diturunkan menjadi 7.3% dari 15.1% akibat kekuatiran menurunnya permintaan akibat krisis Eropa.

Vietnam : dirilis analisadaily, Ho Chi Minh sebagai ibukota Vietnam berada di tengah kehancuran. Ratusan lokasi pembangunan terbengkalai akibat turunnya perekonomian di negara itu. Bank sentral negara itu mengatakan satu dari 10 peminjam di dalam sistem perbankannya tidak meneruskan pembayaran mereka, namun lembaga pemeringkat Fitch Ratings mensinyalir persentase kredit macet jauh lebih tinggi.

Indonesia : Menurut Menteri Keuangan, Agus DW Martowardojo di Jakarta, Selasa (4/9) yang lalu seperti dirilis tribunnews, ekonomi Indonesia terbilang baik dan positif, bahkan inflasi terjaga dengan kondisi yang terkendali. Indonesia juga diperkirakan bisa mencapai pertumbuhan ekonomi sebesar 6.8 persen sampai akhir tahun 2012.

Melalui perbandingan perekonomian di seluruh negara APEC ini kita dapat melihat bahwa Indonesia berada di urutan yang lumayan tinggi dalam mencapai pertumbuhan ekonomi. Namun, jangan cepat berpuas hati. Dengan langkah yang tepat dan kewaspadaan, kita dapat mensejahterahkan lebih lagi bangsa dan rakyat negeri ini.

Baca Sebelumnya : Perbandingan Ekonomi di Antara Negara APEC I

 

Baca Juga :

Chord Lagu : Toby Mac - Me Without YOU

Porsi Hobi VS Porsi Pelayanan

Telepon Genggam Jauh Lebih Jorok Daripada Toilet

Kekalahan Iblis dalam Peperangan

Forum : Antara Suka - Sayang - Cinta

Sumber : berbagai sumber by lois horiyanti/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami